Islamic Widget

Kamis, 06 Mei 2010

Penawar gelisah

Bila hati sedang resah menunggu sesuatu yang diharapkan tidak kunjung tiba, sungguh..! Apapun yang akan kita perbuat menjadi tidak nyaman. Emosi kita menjadi tidak stabil. Mudah tersinggung, mudah marah... wah... pokoknya serba salah !!

Lalu apa yang harus kita perbuat ???

Tiada lain adalah Tawakal, menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Ta'ala. Kita harus meyakini bahwa segala sesuatu itu datangnya dari ALLAH, Allah-lah yang menentukan. Karena Allah Maha Kuasa.
Setelah kita yakin bahwa Allah-lah yang menjadikan, dan menentukan segala sesuatu yang ada di alam raya ini, termasuk apa-apa yang sedang kita alami, sedang kita hadapi, maka kita harus Qona'ah, menerima apapun yang terjadi pada kita. Karena sesungguhnya Allah Ta'ala itu Maha mengetahui. Allah mengetahui apa yang kita butuhkan. Allah menjamin semua kebutuhan Makhluk-Nya.

Apa memang betul demikian ? kenapa yang kita inginkan tidak mesti terwujud ?

Yaap.... itulah manusia selalu diliputi hawa nafsu. Selalu ingin ini, ingin itu.
Kita harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Keinginan itu dilandasi oleh hawa nafsu. sehingga tatkala itu tidak terpenuhi kecewalah kita. Sedangkan kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk menjalani kehidupan ini. Itulah yang dijamin ALLAH. Ketika kita kelaparan, melalui tangan- NYA, Allah akan memberi makanan pada kita. Ketika kita membutuhkan uang untuk berobat, Insya Allah, akan memenuhinya pula.

Itu semua akan bisa terwujud bagi orang-orang yang Tawakal dan Qona'ah.

Sudahkah kita termasuk golongan orang semacam itu ???

Mari kita bermuhasabah, bertanya pada diri kita sendiri !!!
Mudah-mudahan kita mendapatkan Hidayah dan ampunan dari Dzat Penguasa Alam Semesta ini. ALLAH Ta'ala. Amin.

Qona'ah dan tawakal adalah kewajiban manusia, yang sekaligus merupakan hak baginya. Untuk dapat sampai pada hak dan kewajiban ini (qona'ah dan tawakal), maka ada syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu: "Qona'ah dan tawakal barulah dapat menjadi hak dan kewajiban bagi seseorang, bila ia sudah ikhtiar optimal dan berdoa secara khusuk."

copas lentera hati Fb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar